Bagaimana Cara Meluncurkan Robot Trading di MetaTrader 5?

Pada artikel sebelumnya yang didedikasikan untuk memberi pemahaman mengenai dasar-dasar trading algoritmik, kita telah melihat asal-usulnya dan bahasa paling populer untuk membuat robot trading. Ketika kita sudah memilih MQL5, bahasa MetaTrader 5,  untuk mempelajari trading algo, mari kita lihat jenis utama robot trading dan di mana menemukannya di lingkungan MT 5.

4 1.png

Dokumentasi MQL5 menjelaskan empat jenis aplikasi trading otomatis: skrip, layanan, indikator khusus, dan penasihat ahli. Mereka dibedakan dari tugas yang mereka laksanakan.

Skrip adalah program yang mengeksekusi hanya satu tindakan. Ini adalah bentuk robot trading paling sederhana di MQL5. Skrip dapat membuat peringatan ketika level tertentu tercapai, memodifikasi level stop loss dan take profit Anda, dan bahkan mengumpulkan data historis kegiatan trading Anda.

Service atau Layanan adalah aplikasi yang bekerja tanpa dilampirkan ke grafik. Seperti skrip, layanan hanya mengimplementasikan satu fungsi.

Indikator custom adalah indikator teknis yang dikembangkan oleh pengguna. Ini bisa berupa modifikasi indikator standar atau yang benar-benar baru. Sama seperti indikator standar di MetaTrader 5 (MACD, RSI, rata-rata bergerak, dll.), indikator kustom tidak melakukan trading secara otomatis. Mereka digunakan sebagai instrumen tambahan untuk analisis teknis.

Expert Advisor (EA) adalah jenis robot trading paling kompleks yang dapat diprogram di MQL5. Mereka dapat melakukan operasi trading berdasarkan strategi trading yang telah diidentifikasi sebelumnya. EA mengikuti algoritme khusus yang telah diprogram sebelumnya dan menempatkan order sesuai dengan seperangkat aturan tersebut. 

Sekarang, karena kita sudah mengetahui jenis utama dari program trading otomatis, mari kita pelajari di mana kita dapat menemukannya di MetaTrader 5.

Di mana kita dapat menemukan robot trading di MT5?

Semua penasihat ahli, skrip, dan indikator disimpan dalam folder data MT5. Untuk membuka folder data ini, Anda perlu mengklik File – Buka Folder Data. Klik folder MQL5 untuk menemukan indikator, penasihat ahli, skrip, dan layanan. Jika Anda mengunduh indikator custom atau penasihat ahli dari internet, Anda harus meletakkannya di folder ini. Dengan cara ini, MetaTrader akan melihatnya.

2.png

Jika Anda melihat ke dalam folder jenis robot trading apa pun (misalnya, Pakar), Anda dapat melihat bahwa dua file yang terhubung mewakili satu program. Mereka memiliki nama yang sama, tetapi direktori yang berbeda: mq5 dan ex5. Yang pertama berisi sumber kode yang dapat dibuka di MetaEditor (lingkungan kerja untuk pemrograman MQL5), sedangkan file kedua mewakili versi terkompilasi (dikonversi) dari program MQL5 yang memungkinkan untuk meluncurkannya di platform trading.

Di MetaTrader 5, Anda dapat melihat semua program yang dikompilasi di jendela Navigator.

3.png

Jika Anda ingin meluncurkan indikator atau penasihat ahli tertentu, klik dua kali di atasnya, atau tarik mereka ke grafik.

Tindakan ini akan membuka jendela properti dari robot yang dipilih. Untuk memulainya, klik “OK”. Jika berhasil dimulai, ikon hijau akan muncul di sudut kanan atas bagan.

8.png

Jika ikon berwarna merah, Penasihat Ahli dimatikan. Anda perlu mengaktifkan trading algo di pengaturan EA dan opsi platform trading.

5.png

Catatan: Hanya satu Penasihat Ahli yang dapat berjalan pada satu grafik, tetapi beberapa indikator dapat dilampirkan pada waktu yang sama.  

Dalam pengaturan penasihat ahli mana pun, Anda dapat menemukan tab “Umum” dan “Input”. Tab “Umum” berisi informasi umum tentang robot. Ada dua parameter individual: “Izinkan modifikasi pengaturan Sinyal” dan “Izinkan Trading Algo”.

Opsi pertama memungkinkan program untuk menangkap sinyal dan mengedit pengaturan sinyal. Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang sinyal di MetaTrader 5 di artikel berikutnya yang didedikasikan untuk MQL5.

Opsi “Izinkan trading algo” membatasi aktivitas trading penasihat ahli. Ingatlah bahwa meskipun opsi ini diaktifkan, trading otomatis dapat dinonaktifkan dalam pengaturan MT 5. Pastikan Anda mengaktifkan keduanya jika Anda ingin meluncurkan robot.

Tab kedua dari penasihat ahli atau indikator berisi parameter input. Mereka memungkinkan Anda untuk menyesuaikan aplikasi dengan strategi Anda, sehingga akan membuatnya lebih fleksibel. 

6.png

Jika Anda ingin mencoba robot trading custom yang dibuat oleh anggota komunitas MQL5, buka Toolbox – CodeBase. Toolbox tersebut berisi ratusan robot trading yang dapat Anda uji sendiri!

7.png

Atau Anda dapat membeli atau mengunduh indikator, robot, dan skrip langsung dari MQL5 Marketplace.

Ini adalah artikel kedua dalam kursus trading algo FBS. Pada pelajaran berikutnya, kita akan mengamati fungsi MetaEditor dan melihat struktur robot trading. Tetap setia bersama kami!

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

Berita terbaru

XAUUSD Siap Lanjutkan Kenakan Jika Berhasil Menembus Level Puncak Satu Bulan

XAUUSD juga masih berada di jalur kenaikan untuk tiga hari berturut-turut pada Jumat (01/03/2024), tepat di bawah level puncak mendekati satu bulan yang disentuh kemarin. XAUUSD masih didukung oleh spekulasi penurunan suku bunga

Nikkei Sentuh Rekor Tinggi, Terdorong Penguatan Wall Street

Pasar saham Asia sebagian besar terkoreksi pada perdagangan Jumat (01/03/2024), kecuali indeks Nikkei Jepang menuju rekor tinggi, didukung oleh penguatan di Wall Street.. Indeks S&P 500 dan Nasdaq ditutup pada rekor tertinggi

XTIUSD Bertahan Di Sekitar Level 78,00 Menjelang Data Core PCE Price Index

Western Texas Intermediate (WTI) menguat dari penurunan kemarin dan saat ini diperdagangkan di sekitar level 78,15 pada hari Kamis (29/02/2024). XTIUSD mencoba pulih dan..Sementara OPEC+ yang mempertimbangkan

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera