1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Manfaat Paper Trading: Pendekatan Simulasi untuk Menguasai Pasar Keuangan
Diperbarui • 2023-09-08

Manfaat Paper Trading: Pendekatan Simulasi untuk Menguasai Pasar Keuangan

cover.png

Trading di pasar keuangan itu menantang dan rumit. Hal ini membutuhkan penguasaan alat dan teknik yang berbeda. Trader yang belum berpengalaman mungkin akan menghadapi banyak kendala saat melakukan live trading, termasuk eksekusi trading, manajemen risiko, pengembangan strategi, dan pengendalian emosi. Mengatasi masalah ini, di bawah tekanan pasar yang terus berubah, saat live trading sangat menegangkan dan membutuhkan biaya. Tidak terkecuali para trader berpengalaman. Mereka pun menanggung risiko kerugian yang signifikan saat menguji ide-ide baru di akun trading real.

Kabar baiknya, ada solusi jitu yang menyediakan kondisi bebas risiko bagi semua trader untuk menguji strategi mereka dan meningkatkan keterampilan trading: paper trading.

Artikel ini membahas konsep paper trading dan perannya di dunia keuangan. Baik pemula maupun profesional harus memahami paper trading dan menggunakan metode unik ini untuk meraih kesuksesan.

Apa itu paper trading?

Paper trading adalah simulasi trading yang membantu Anda mempelajari pasar, menguji strategi trading, dan mendapatkan kepercayaan diri tanpa mempertaruhkan uang sungguhan. Istilah “paper trading” berasal dari menuliskan data transaksi di atas kertas sebelum masa trading online, saat trader membangun strategi dan menyempurnakan keterampilan trading.

Tidak perlu mencatat berbagai karakteristik dan tindakan penting dengan menggunakan pena dan selembar kertas. Saat ini, banyak broker menawarkan akun paper trading, atau akun trading demo, kepada klien mereka untuk menguji ide trading dalam kondisi bebas risiko sebelum terjun ke pasar nyata dengan dana yang sebenarnya.

Paper trading sangat efektif untuk trader pemula dan berpengalaman. Paper trading memungkinkan Anda meninjau aset trading yang Anda inginkan, platform trading yang ingin Anda gunakan, dan strategi yang ingin Anda terapkan.

Mengapa saya perlu menggunakan paper trading?

Trader dari semua level dapat memperoleh manfaat dengan menggunakan paper trading karena beberapa alasan:

Cara aman untuk menguji strategi dan mempelajari mekanisme eksekusi trading

Paper trading memungkinkan para trader untuk bertindak tanpa takut akan konsekuensi finansial jika terjadi kerugian karena mereka trading dengan uang virtual. Dengan demikian, mereka dapat fokus pada performa trading, termasuk efektivitas strategi, dan mengabaikan faktor-faktor yang mengganggu, seperti beban kerugian.

Membangun kepercayaan diri

Semakin banyak kesalahan yang Anda buat, semakin banyak Anda belajar dan semakin sukses dan percaya diri Anda sebagai seorang trader. Paper trading memfasilitasi deposit virtual yang memungkinkan Anda untuk mengeksekusi banyak trading dan mengamati efektivitas strategi trading yang Anda pilih. Ketika paper trading berjalan dengan baik, ini dapat secara signifikan meningkatkan kepercayaan diri trader. Saat beralih ke pasar riil, meningkatnya kepercayaan diri akan berdampak positif pada pengambilan keputusan trader dan kinerja trading secara keseluruhan.

Sarana pembelajaran untuk mengevaluasi dan meningkatkan pendekatan trading

Paper trading memberikan peluang penting untuk menganalisis trading Anda, menentukan kelemahan dan kekuatan. Dengan paper trading, Anda dapat mengamati pendekatan trading secara menyeluruh dan membuat penyesuaian yang diperlukan sebelum memasuki pasar riil.

Kekuatan Paper Trading_3_1200x675_cover.png

Perbedaan antara paper trading dan live trading

Paper trading dan live trading adalah dua pendekatan trading yang berbeda. Pendekatan pertama memungkinkan trader untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan mengevaluasi strategi trading, dengan menggunakan dana virtual dalam kondisi yang bebas risiko, sementara pendekatan kedua memberikan peluang nyata untuk menghasilkan uang dan membangun karier trading yang sukses. Mari kita lihat perbedaan keduanya.

Tujuan

Paper trading dirancang untuk membantu trader dari semua level menjelajahi pasar, meningkatkan strategi, dan memudahkan proses pengambilan keputusan dalam kondisi yang bebas risiko. Sebaliknya, tujuan live trading adalah mengejar profit.

Dampak pasar

Di pasar riil, eksekusi trading dapat menyebabkan fluktuasi harga yang tak terhindarkan, terutama di pasar keuangan yang kurang likuid. Oleh karena paper trading tidak menempatkan order di pasar riil, itu tidak menciptakan dampak pasar apa pun. Membuka atau menutup posisi dalam paper trading tidak memengaruhi pergerakan harga aktual.

Faktor emosi

Saat menggunakan akun paper trading, Anda tidak memiliki emosi karena tidak ada uang sungguhan yang terlibat, dan Anda sepenuhnya menerima risiko kerugian tanpa keraguan atau ketakutan akan kegagalan. Jika gagal, Anda dapat mengatur ulang dana akun. Hal ini menurunkan skala emosi Anda.

Jumlah trading tidak terbatas

Paper trading memungkinkan trader untuk mengeksekusi order dalam jumlah yang tidak terbatas. Trader tidak memiliki batasan PDT atau daya beli yang terbatas, ia selalu dapat melakukan trading dalam situasi apa pun, meskipun ada kesalahan.

Pendekatan menyeluruh

Gagasan memiliki banyak trading yang siap digunakan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi seluruh pendekatan trading dari perspektif holistik. Anda memiliki kesempatan untuk mundur dan melihat gambaran lengkap dari banyak trading yang dilakukan jika Anda berada di pihak yang menang, atau jika rasio risiko-hasilnya dapat dilakukan. Sebaliknya, dengan jumlah trading yang terbatas di akun real, Anda berusaha keras untuk memenangkan setiap trading dan terlalu berkonsentrasi pada hal itu. Hal ini menyulitkan dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menilai efektivitas sistem trading Anda.

Cara mendapatkan hasil maksimal dari paper trading

Untuk memaksimalkan manfaat paper trading dan mentransfer semua aspek berharga ke pasar riil, trader harus mempertimbangkan saran berikut:

  1. Tetapkan tujuan yang realistis

    Tetapkan tujuan untuk paper trading. Tentukan jika Anda akan menguji strategi trading, mencoba perangkat baru, atau jika Anda ingin mengasah kemampuan trading dan meningkatkan proses pengambilan keputusan. Ketika memiliki tujuan yang jelas, Anda akan lebih mudah untuk berkonsentrasi pada hal-hal tertentu saat melakukan paper trading.

  2. Perlakukan paper trading dengan serius

    Memperlakukan paper trading sebagai live trading dan menganggap uang virtual sebagai uang sungguhan sangatlah penting. Trader harus mengembangkan pola pikir yang disiplin bahkan ketika trading di akun demo. Karena paper trading tidak melibatkan emosi, pendekatan serius akan membantu Anda memahami dan mengalami kondisi pasar aktual dengan lebih baik.

  3. Simpan catatan tindakan Anda

    Melacak aktivitas trading Anda sangat penting karena memungkinkan trader menganalisis performa secara komprehensif. Saat mencatat detail paper trading, termasuk titik masuk dan keluar, durasi trading, ukuran posisi, dan hasil, Anda mengumpulkan semua data yang diperlukan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan trading dan belajar dari kesalahan. Pertimbangkan untuk menggunakan spreadsheet atau jurnal trading untuk melacak trading Anda.

  4. Tiru kondisi pasar yang sebenarnya

    Saat Anda berlatih paper trading, penting untuk meniru kondisi pasar riil semirip mungkin. Trader harus menggunakan volume trading yang sama dan mengikuti kerangka waktu yang ditentukan, seperti yang dipilih dalam live trading. Anda juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor, seperti likuiditas pasar, slippage, kemungkinan requote, biaya komisi broker, dan ukuran spread. Menerapkan faktor-faktor ini akan meningkatkan paper trading dan memungkinkan trader untuk menyimulasikan tantangan dan peluang yang dihadapi dalam trading live dengan lebih baik.

  5. Coba berbagai strategi

    Tidak ada cara yang lebih baik untuk menguji strategi trading baru selain paper trading. Jenis trading ini memungkinkan pengguna untuk mencoba ide dalam kondisi bebas risiko tanpa adanya konsekuensi dan kerugian yang signifikan. Dengan menguji berbagai pendekatan, Anda dapat mempelajari mana yang paling cocok untuk Anda dan gaya trading Anda dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan setiap strategi.

  6. Pelajari cara kerja berbagai order trading

    Paper trading memberikan kesempatan yang sangat baik bagi para trader untuk mengenal berbagai macam order trading. Jenis trading ini memungkinkan Anda untuk mengeksekusi order dalam kondisi pasar yang berbeda. Anda dapat mengamati fungsionalitas setiap order dan mengeksplorasi pengaruhnya terhadap trading. Dengan menempatkan order dalam paper trading, Anda dapat meningkatkan metode entri order sebelum mempertaruhkan uang sungguhan.

Bahaya paper trading yang harus Anda waspadai

Jelas bahwa paper trading adalah alat yang efisien dan rasional, dan keuntungannya benar-benar lebih besar daripada kerugiannya. Namun, ada beberapa bahaya dalam paper trading yang harus Anda ketahui:

  • Tidak ada biaya tersembunyi dalam paper trading yang sama seperti live trading, seperti biaya broker, komisi, dan biaya tak terduga lainnya yang dapat memengaruhi profit dan kerugian trading aktual.
  • Paper trading tidak menimbulkan emosi yang nyata sehingga sulit untuk mengembangkan pola pikir yang disiplin. Skenario live trading terkadang sangatlah sulit, terutama saat Anda mempertaruhkan uang sungguhan.
  • Paper trading mungkin tidak sepenuhnya dapat meniru pengalaman eksekusi order riil dari segi kecepatan dan akurasi. Mungkin sulit untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti slippage, spread bid-ask, dan likuiditas pasar, yang dapat memengaruhi eksekusi order di pasar riil.
  • Keberhasilan dalam paper trading dapat menciptakan ekspektasi yang tidak realistis ketika trader beralih ke live trading. Oleh karena itu, trader harus memperhitungkan bahwa hasil live trading tidak mungkin sama dengan hasil paper trading.

Kesimpulan

Singkatnya, paper trading adalah cara ideal dan aman bagi para trader dari semua level pengalaman untuk mengasah keterampilan trading, meningkatkan strategi, dan menguji ide-ide baru tanpa takut gagal sebelum menerapkannya dalam live trading. Simulasi pasar dalam bentuk paper trading memungkinkan trader membangun fondasi pengetahuan dan pengalaman yang kuat serta mendapatkan kepercayaan diri sebelum beralih ke live trading. Namun, trader harus tetap memperhatikan beberapa kelemahan paper trading, termasuk kurangnya keterlibatan emosional, yang dapat kembali membebani Anda nantinya.

Tanya Jawab (FAQ)

Dapatkah saya menghasilkan uang dari paper trading?

Tidak, Anda tidak dapat menghasilkan uang sungguhan dengan jenis trading ini. Akun paper trading memberi trader simulasi realitas pasar untuk menguji strategi trading dan meningkatkan keterampilan trading. Anda tidak akan mendapatkan profit atau mengalami kerugian yang nyata karena paper trading menggunakan dana virtual yang dirancang untuk tujuan pembelajaran dan latihan.

Apakah pemula membutuhkan paper trading?

Tentu saja. Trader pemula dapat memperoleh pengalaman berharga dari paper trading. Praktik trading bebas risiko ini menawarkan kesempatan kepada para trader untuk membiasakan diri dengan konsep trading tanpa tekanan dan ketegangan. Anda dapat menjelajahi pasar keuangan, menguasai proses pengambilan keputusan, menjadi lebih percaya diri, dan mengasah keterampilan trading.

Apakah hasil dalam paper trading sama dengan hasil trading aktual?

Paper trading adalah praktik simulasi. Hasil dari trading yang dieksekusi tidak memiliki dampak nyata. Dengan demikian, trader tidak mengalami emosi yang sama seperti dalam live trading. Trading dengan akun real dapat menyebabkan berbagai masalah tak terduga yang bersifat psikologis, yang sangat sulit diprediksi saat paper trading. Selain itu, ada perbedaan dalam eksekusi order karena kurangnya akses ke pasar antarbank. Oleh karena itu, hasil live trading dapat sangat berbeda.

  • 678

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera