1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Komponen yang Sering Diabaikan dalam Trading
Diperbarui • 2023-12-29

Komponen yang Sering Diabaikan dalam Trading

Cover.png

Trading di pasar keuangan adalah proses yang kompleks dan menantang yang membutuhkan pemahaman mendalam tentang berbagai komponen. Meskipun trader sering berfokus pada indikator, analisis teknis, tren pasar, manajemen portofolio, dan sebagainya, untuk membuat trading yang menguntungkan, ada satu komponen trading penting yang sering diabaikan, yaitu waktu.

Cara meningkatkan hasil trading secara signifikan

Waktu memainkan peran penting dalam menentukan keberhasilan atau gagalnya trading. Trader yang ingin meningkatkan hasil trading harus fokus pada waktu sebagai faktor utama.

Waktu terbaik untuk trading

Ada waktu-waktu tertentu untuk melakukan trading secara maksimal. Pukul 09:30—10:30 (Eastern Time) sering kali menjadi salah satu waktu terbaik untuk trading, menawarkan pergerakan besar dalam waktu singkat. Volatilitas dan volume trading menurun sekitar pukul 11:30 (Eastern Time), dan tengah hari menjadi tenang karena trader menunggu pengumuman berita lebih lanjut. Pada pukul 15:00—16:00 (Eastern Time), volatilitas dan volume trading akan kembali meningkat. Pada waktu ini, trader biasanya menutup posisi atau mencoba mengikuti reli harga pada penghujung hari.

Hari terbaik dalam sepekan untuk trading

Meskipun belum sepenuhnya diteliti kebenarannya, beberapa trader percaya pada "Monday effect" atau "Weekend effect", yang menjelaskan penurunan pada hari Senin disebabkan oleh berita buruk dari akhir pekan sebelumnya. Menjual pada hari Jumat sangat disarankan untuk menghindari potensi kerugian akibat penurunan pada hari Senin.

Bulan terbaik untuk trading

Bulan saat akhir tahun dan musim panas adalah waktu terbaik untuk trading. "January effect" adalah ketika para trader kembali ke pasar pada awal tahun, mendorong harga naik. Secara historis, bulan September dan Oktober disukai untuk menjual karena imbal hasil yang lemah pada bulan September dan jatuhnya pasar pada bulan Oktober.

Menggunakan stop loss yang lebar dan tidak mencampuri trading

Stop loss yang lebar menyiratkan bahwa take profit juga harus dipasang lebih jauh. Hal ini diperlukan untuk menjaga rasio risk-reward pada tingkat yang cukup. Sebaiknya hindari memasang stop loss terlalu dekat, terutama jika Anda memasangnya pada titik yang tidak tepat. Menempatkan stop loss dekat dengan titik masuk (entry) hanya diperbolehkan jika ada alasan yang kuat.

Pada saat yang sama, wajar untuk memasang stop loss lebih jauh jika ada alasan yang kuat. Misalnya, stop loss yang lebar akan berguna ketika level harga penting berada di sana. Kasus seperti ini menunjukkan bahwa meningkatkan jarak stop loss bisa secara signifikan mengubah trading yang merugi menjadi menguntungkan.

IMG 2.png

IMG 3 (1).png

Kesabaran dan disiplin: Apakah Anda memilikinya?

Kenyataannya, banyak trading yang sukses membutuhkan waktu lebih lama untuk terwujud daripada yang direncanakan. Pertentangan antara harapan kita dan pergerakan pasar adalah sumber kekecewaan yang umum terjadi. Untuk menguasai trading forex atau pasar keuangan mana pun, kita harus mengakui dan mengatasi ketidaksabaran kita.

Pada saat orang-orang menginginkan sesuatu dengan segera, mungkin sulit untuk menahan diri dan tetap fokus. Namun, kesabaran dan disiplin adalah kualitas yang membuat trading yang dieksekusi dengan baik menjadi keuntungan besar.

Komponen rencana trading: Sistem imbalan & hukuman

Komponen penting lainnya dalam trading adalah sistem imbalan dan hukuman yang jelas. Sistem ini bertindak sebagai landasan psikologis, memperkuat kebiasaan baik dan mencegah tindakan yang merugikan.

Trader bisa merasa bangga saat melakukan hal berikut:

  • memasang order stop loss dan take profit saat membuka trading,
  • mengikuti strategi trading,
  • memeriksa ulang semuanya sebelum membuka trading,
  • berhenti trading ketika terbawa emosi,
  • trading hanya selama waktu yang ditentukan.

Di sisi lain, trader juga bisa menghukum diri sendiri jika:

  • memiliki manajemen risiko yang buruk,
  • trading secara berlebihan dan menjadi emosional,
  • mengikuti sinyal trading orang lain secara mentah-mentah tanpa pikir panjang,
  • trading pada waktu yang merugikan.

Trader yang secara konsisten mematuhi rencana trading, melatih kesabaran, dan menerapkan manajemen uang yang efektif akan lebih sering meraih kesuksesan di pasar. Sistem imbalan dan hukuman berfungsi sebagai pengingat yang terus-menerus akan hasil dari keputusan yang bijaksana atau ceroboh.

Kesimpulan

Waktu harus menjadi bagian penting dalam trading, bukan sekadar pelengkap. Membeli atau menjual membutuhkan kondisi dan waktu agar bisa menguntungkan, dan terburu-buru untuk mendapatkan keuntungan justru bisa menyebabkan kerugian. Anggaplah waktu sebagai komponen trading yang penting dan sarana yang ampuh, bukan kendala. Jika digunakan secara efektif, ini bisa meningkatkan hasil trading Anda secara signifikan. Trading yang sukses menuntut pendekatan yang strategis dan cerdas. Pahami peran waktu, latih kesabaran, dan hindari trading secara berlebihan.

Tanya Jawab (FAQ)

Apa bagian terpenting dari sebuah sistem trading?

Berikut adalah beberapa langkah penting dalam sistem trading yang efektif:

  • Tentukan instrumen yang akan Anda perdagangkan dan hindari berpindah-pindah pasar secara acak.
  • Tetapkan besarnya posisi dan risiko maksimum setiap trading.
  • Gunakan level support dan resistance untuk mengatur order stop loss dan take profit.
  • Siapkan titik keluar dan tentukan waktu yang tepat untuk memindahkan stop loss ke titik impas (break even).
  • Pelajari kinerja trading dan tinjau sistem Anda dengan melakukan perubahan atau peningkatan yang diperlukan.

Apa kesalahan paling umum yang dilakukan trader?

Berikut ini beberapa kesalahan umum dalam trading:

  • Ekspektasi yang tidak realistis
  • Trading tanpa rencana
  • Gagal memutus kerugian (cut loss)
  • Rasio risk/reward yang rendah
  • Rasa takut ketinggalan (FOMO)
  • Tidak melakukan diversifikasi

Mengapa kebanyakan orang gagal dalam trading?

Kebanyakan orang gagal karena kurangnya disiplin, manajemen risiko yang tidak baik (atau manajemen investasi portofolio yang buruk), dan membuat keputusan secara emosional. Tanpa rencana trading matang yang mencakup strategi manajemen uang yang baik, trader mudah mengambil keputusan impulsif dan merugikan.

Apa saja komponen penting dalam trading?

Komponen penting dalam trading lebih dari sekadar titik masuk dan keluar. Manajemen uang yang efektif dan disiplin terhadap rencana trading adalah komponen penting yang berperan dalam kesuksesan jangka panjang Anda di pasar finansial.

  • 443

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera