Apa itu Relative Vigor Index (Indikator RVI)?

Relative Vigor Index (RVI) diciptakan oleh John Ehlers, seorang analis teknis dan presiden MESA Software, yang menyediakan strategi trading algoritmik.

RVI memungkinkan trader mendapatkan sinyal beli dan jual dan, berkat sifatnya yang fleksibel, dapat disertakan dalam berbagai sistem trading.

Apa itu Relative Vigor Index?

RVI lebih menyerupai osilator karena pergerakan indikator ini seperti pendulum yang berayun dari satu posisi ekstrem ke posisi ekstrem lainnya.

RVI mirip dengan indikator Momentum, Accumulation/Distribution (Akumulasi/Distribusi), dan MACD.

RVI membantu menemukan momen yang tepat untuk membuka transaksi dan memperingatkan lebih dini tentang perubahan tren mendatang dengan bantuan divergensi dengan grafik harga.

Menurut pendapat kami, RVI harus dimiliki dan dikuasai oleh setiap trader aktif.

Bagaimana Cara Menghitung Relative Vigor Index?

Relative Vigor Index dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Numerator.png

Terlepas dari kerumitan rumus RVI, indikatornya cukup sederhana untuk dihitung dan digunakan. Seperti yang mungkin Anda perhatikan, indikator terdiri dari dua garis, yaitu garis indikator RVI dan garis sinyal RVI.

Jadi, ini menyerupai indikator MACD. Satu lagi, sinyal yang dihasilkan oleh indikator ini juga serupa dengan yang dihasilkan oleh indikator MACD dari Gerald Appel.

Secara default, pengaturan indikator RVI dapat dibiarkan sama dengan periode yang ditetapkan di MetaTrader, yaitu 10.

Bagaimana cara menerapkan RVI di MetaTrader?

Untuk memilih indikator Relative Vigor Index di MetaTrader 5, Anda perlu memilih yang berikut ini:

Sisipkan -> Indikator -> Osilator -> Relative Vigor Index

Insert.png

Seperti yang telah kita ketahui, indikator terdiri dari dua garis – garis RVI, yang berwarna hijau secara default di MetaTrader, dan garis Signal, yang berwarna merah secara default.

Urutan indikator RVI adalah 10.

Relative vigor index.png

Bagaimana cara menafsirkan Indikator RVI?

Perpotongan garis

Sinyal pertama dan terpenting dari indikator adalah persilangan garis.

Ketika garis indikator RVI melintasi garis sinyal ke bawah, sinyal trading RVI untuk membuka trade ke bawah akan muncul.

Chart 3.png

Ketika garis indikator RVI melintasi garis sinyal ke atas, sinyal untuk membuka trade ke atas akan muncul.

Chart 4.png

Seperti yang Anda lihat, dalam kedua kasus tersebut, indikator memberikan banyak sinyal palsu. Anda dapat menggunakan indikator tambahan untuk menghilangkan sinyal palsu, seperti trend Parabolic SAR.

Pengaturan umumnya adalah sebagai berikut: jika RVI memberikan sinyal beli, tetapi Parabolic SAR turun, trade tidak akan dibuka. Selain itu, trade tidak dibuka jika RVI memberikan sinyal jual dan Parabolic SAR menaik.

Chart 1.png

Seperti yang Anda lihat, beberapa sinyal palsu berhasil dihilangkan. Di area yang dipilih hanya muncul satu sinyal palsu, tetapi sistem seperti itu juga menghilangkan dua sinyal bagus terakhir yang berpotensi menguntungkan.

Jadi, dengan menggunakan kombinasi indikator tertentu, trader mengorbankan beberapa sinyal bagus untuk mengurangi risiko dari sistem trading ini.

Divergensi

Sinyal kedua dari indikator ini tidak terlalu jelas, tetapi juga dapat digunakan dalam trading, yaitu divergensi antara pergerakan indikator dan grafik harga.

Misalnya, jika indikator naik saat harga turun, ini mengindikasikan kemungkinan pembalikan harga yang akan segera terjadi.

Ini bukan sinyal yang jelas. Namun, itu hanya mengisyaratkan perubahan tren.

Chart 2.png

Keterbatasan Menggunakan Relative Vigor Index

RVI tidak dapat digunakan selama pasar yang datar (flat).

Cobalah gunakan RVI hanya saat pasar sedang mengalami tren.

Kesimpulan

  • RVI adalah indikator yang cukup efektif yang dikembangkan oleh John Ehlers.
  • Indikator ini memberikan beberapa sinyal sekaligus, yaitu garis yang bersilangan dan divergensi dengan harga.
  • RVI tidak dapat digunakan selama pasar yang datar.

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

Berita terbaru

XAUUSD Siap Lanjutkan Kenakan Jika Berhasil Menembus Level Puncak Satu Bulan

XAUUSD juga masih berada di jalur kenaikan untuk tiga hari berturut-turut pada Jumat (01/03/2024), tepat di bawah level puncak mendekati satu bulan yang disentuh kemarin. XAUUSD masih didukung oleh spekulasi penurunan suku bunga

Nikkei Sentuh Rekor Tinggi, Terdorong Penguatan Wall Street

Pasar saham Asia sebagian besar terkoreksi pada perdagangan Jumat (01/03/2024), kecuali indeks Nikkei Jepang menuju rekor tinggi, didukung oleh penguatan di Wall Street.. Indeks S&P 500 dan Nasdaq ditutup pada rekor tertinggi

XTIUSD Bertahan Di Sekitar Level 78,00 Menjelang Data Core PCE Price Index

Western Texas Intermediate (WTI) menguat dari penurunan kemarin dan saat ini diperdagangkan di sekitar level 78,15 pada hari Kamis (29/02/2024). XTIUSD mencoba pulih dan..Sementara OPEC+ yang mempertimbangkan

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera