Apa itu indikator ZigZag?

ZigZag adalah salah satu indikator teknis tertua yang hadir dalam trading mata uang dari pasar saham. Indikator ini memungkinkan trader untuk memvisualisasikan struktur pasar.

Apa Itu Indikator ZigZag?

Indikator ZigZag adalah cara mengukur pergerakan harga tanpa kebisingan (noise) yang tidak perlu. Indikator ini bekerja dengan menghitung jarak antara ayunan harga (titik tinggi dan rendah). Kemudian, indikator ini menghitung pullback (pergerakan balik arah sementara) yang dapat terjadi. Jika pullback lebih besar dari jumlah yang diperkirakan, pergerakan harga dianggap selesai.

Indikator ZigZag membantu trader untuk menyingkirkan pergerakan harga yang kecil secara otomatis. Dengan indikator ini, trader dapat terbantu untuk melihat gambaran tentang struktur pasar secara lebih jelas.

Cara Menghitung Indikator ZigZag

Kita akan mulai dari rumus kompleks untuk trader tingkat lanjut dan kemudian beralih ke versi yang lebih sederhana.

1080_1080px_mathematical equation_08-06-2023_EN.png

Rumus ini akan bermanfaat jika Anda perlu mengatur indikator Zig Zag sendiri. Jika Anda hanya ingin memahami cara kerja indikator Zig Zag, lihatlah beberapa tip berikut.

  1. Pilih titik awal (swing tinggi atau swing rendah).
  2. Pilih persentase (%) pergerakan harga.
  3. Identifikasi swing tinggi atau swing rendah berikutnya yang berbeda dari titik awal => % pergerakan harga.
  4. Gambar garis tren dari titik awal ke titik yang baru.
  5. Identifikasi swing tinggi atau swing rendah berikutnya yang berbeda dari titik baru => % pergerakan harga.
  6. Gambar garis tren.
  7. Ulangi swing tinggi atau swing rendah yang paling baru.

“=>” berarti “sama atau lebih besar dari” (misalnya, X => 5, berarti “X sama atau lebih besar dari 5”).

Untuk menginstal indikator ZigZag, Anda harus mengunduhnya dari situs web MQL5 dan ikuti tutorial kami tentang cara memasang indikator khusus di MetaTrader.

Bagaimana cara kerja indikator ZigZag?

Tujuan utama ZigZag adalah untuk menyingkirkan pergerakan harga yang kecil dan mengecoh untuk fokus pada swing dan tren yang penting. ZigZag menentukan harga tertinggi dan terendah yang paling signifikan dan menghubungkannya dengan garis lurus sembari mengabaikan fluktuasi kecil.

ZigZag tidak mencoba meramalkan harga pada masa depan, tetapi hanya membantu untuk memahami pergerakan pasar pada masa lalu. Namun, beberapa prediksi dapat terjadi jika digabungkan dengan pola dan indikator harga lainnya.

NZDJPY.pH1.png

Cara menerapkan Indikator ZigZag ke MetaTrader 4

Untuk menambahkan indikator ZigZag ke grafik, klik “Sisipkan”, pilih “Indikator”, lalu “Kustom”. Anda kemudian akan dapat memilih “ZigZag”. Indikator ini memiliki 3 parameter, yaitu depth (kedalaman), deviation (penyimpangan), dan backstep (langkah mundur).

Depth adalah jumlah minimal candlestick yang tidak akan dianggap sebagai top/bottom (puncak/dasar) jika top/bottom sudah ditemukan menggunakan deviation.

Deviation adalah jarak minimal (dalam %) antara titik tertinggi dan terendah dari 2 candlestick berturut-turut yang akan membuat indikator membentuk top atau bottom lokal.

Backstep adalah jumlah minimum candlestick antara titik-titik tertinggi atau terendah lokal.

Di bawah ini, Anda dapat melihat parameter default untuk Zigzag di MetaTrader 4. Anda dapat menyesuaikan angka untuk membuat indikator lebih/kurang sensitif terhadap perubahan harga. Jika Anda mengurangi nilai parameter, jumlah titik tertinggi dan terendah lokal akan meningkat. Akibatnya, akan ada lebih banyak garis ZigZag pada grafik.

11.png

Kelebihan dan kekurangan Indikator ZigZag

Penting untuk menggunakan poin-poin kekuatan ZigZag sambil mengurangi dampak poin-poin kelemahannya dalam trading Anda.

Kelebihan utama dari ZigZag adalah:

  • Menunjukkan pergerakan yang paling substansial dari harga dan menghilangkan kebisingan pasar.
  • Berfungsi pada kerangka waktu yang berbeda-beda.
  • Memberikan hasil yang baik saat digunakan bersama dengan indikator teknis lainnya.

Kelemahan dari ZigZag adalah:

  • Akan menandai harga tertinggi atau terendah terbaru dengan jeda waktu.
  • Bagian terakhir dari indikator (yang melibatkan harga saat ini) mungkin harus digambar ulang.

Cara menggunakan indikator ZigZag dalam Trading

ZigZag menandai titik tertinggi dan terendah pada grafik. Ini akan membantu Anda menemukan level support dan resistance.

NZDJPY.pH123.png

ZigZag juga memudahkan identifikasi tren. Higher high dan higher low menunjukkan adanya tren naik, sedangkan lower high dan lower low adalah ciri khas dari tren turun. Jika Anda menggunakan strategi mengikuti tren, ZigZag tidak akan memberi Anda sinyal masuk, tetapi dapat membantu memutuskan sinyal mana yang Anda cari – untuk membeli dalam tren naik atau menjual dalam tren turun. Indikator ini juga akan membantu menemukan titik untuk Stop Loss.

NZDJPY.pH13.png

ZigZag juga membantu mengidentifikasi pola grafik. Pertama, ZigZag memungkinkan melihat pola 1-2-3 yang menandakan perubahan arah pasar. Selain itu, ZigZag membantu menemukan “Head and Shoulder”, “Double Top”, “Flag”, dll.

NZDJPY.pH14.png

ZigZag dan alat serta indikator lainnya

Indikator ZigZag sering digunakan bersama dengan alat lain (Bollinger band, Fractal, Fibonacci, dan Elliott wave) untuk melihat swing harga. Misalnya, ZigZag bersama Fibonacci membentuk alat yang efektif untuk menemukan akhir koreksi dalam tren utama. Koreksi biasanya berakhir pada 38,2%, 50%, atau 61,8%. Untuk membuat analisis lebih akurat, Anda dapat menggunakan osilator untuk konfirmasi.

NZDJPY.pH15.png

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Indikator ZigZag

Salah menafsirkan kebisingan pasar

Salah satu fungsi utama indikator ZigZag adalah menyaring kebisingan pasar. Namun, kesalahan yang umum dilakukan adalah menafsirkan setiap pergerakan sebagai tren yang signifikan. Penting untuk mengatur parameter Anda dengan benar. Ini memastikan bahwa fluktuasi harga yang kecil tidak mengecoh strategi trading Anda.

Terlalu mengandalkan ZigZag saja

Meskipun indikator ZigZag adalah alat yang ampuh untuk mengidentifikasi tren harga dan pola pasar, janganlah digunakan sendiri. Indikator ini dirancang untuk digunakan bersama dengan indikator teknis lainnya seperti Bollinger band, fractal, Fibonacci, dan Elliott wave.

Indikator ini dapat mengalami keterlambatan (lag) saat mengidentifikasi titik tertinggi atau terendah terbaru di pasar, dan segmen terbaru yang melibatkan harga saat ini mungkin harus digambar ulang. Oleh karena itu, setiap sinyal yang diberikannya harus dikonfirmasi lebih dulu dengan indikator lain.

Mengabaikan arah tren

ZigZag membantu memvisualisasikan struktur pasar dengan menghubungkan titik-titik tertinggi dan terendah yang signifikan. Namun, trader terkadang mengabaikan arah tren secara keseluruhan, dan lebih berfokus pada titik-titik tertinggi dan terendah individu. Ingatlah, arah tren keseluruhan, baik itu tren naik maupun turun, berperan penting untuk trading yang sukses. ZigZag harus digunakan sebagai alat untuk konfirmasi arah tren, bukan untuk memprediksinya.

Kesimpulan

Intinya, indikator ZigZag adalah alat yang berguna untuk menyingkirkan fluktuasi harga yang kecil, dan menyoroti tren pasar yang signifikan. Hindari kesalahan umum seperti terlalu bergantung pada indikator ini atau mengabaikan arah tren secara keseluruhan. Jika digunakan dengan benar, indikator ZigZag dapat meningkatkan strategi trading secara praktis dengan memberikan wawasan yang jelas terhadap struktur pasar.

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Apa itu strategi ZigZag?

    Strategi ZigZag mengidentifikasi swing dan tren harga yang signifikan, yang membantu menemukan potensi level support dan resistance. Ini melengkapi metode analisis teknis lainnya dan tidak boleh menjadi satu-satunya dasar untuk mengambil keputusan trading.

  • Bagaimana cara membaca indikator ZigZag?

    Indikator ZigZag ditafsirkan dengan mengamati garis yang digambar pada grafik harga. Garis ke atas menunjukkan tren naik, dan garis ke bawah menunjukkan tren turun. Ini menyoroti tren masa lalu, bukan prediksi masa depan.

  • Apa itu jarak dalam indikator ZigZag?

    Jarak mengacu pada perubahan harga minimum, dihitung sebagai persentase, yang diperlukan indikator untuk menggambar garis baru. Semakin jauh jaraknya, semakin sedikit garis yang digambar.

Berita terbaru

XAUUSD Siap Lanjutkan Kenakan Jika Berhasil Menembus Level Puncak Satu Bulan

XAUUSD juga masih berada di jalur kenaikan untuk tiga hari berturut-turut pada Jumat (01/03/2024), tepat di bawah level puncak mendekati satu bulan yang disentuh kemarin. XAUUSD masih didukung oleh spekulasi penurunan suku bunga

Nikkei Sentuh Rekor Tinggi, Terdorong Penguatan Wall Street

Pasar saham Asia sebagian besar terkoreksi pada perdagangan Jumat (01/03/2024), kecuali indeks Nikkei Jepang menuju rekor tinggi, didukung oleh penguatan di Wall Street.. Indeks S&P 500 dan Nasdaq ditutup pada rekor tertinggi

XTIUSD Bertahan Di Sekitar Level 78,00 Menjelang Data Core PCE Price Index

Western Texas Intermediate (WTI) menguat dari penurunan kemarin dan saat ini diperdagangkan di sekitar level 78,15 pada hari Kamis (29/02/2024). XTIUSD mencoba pulih dan..Sementara OPEC+ yang mempertimbangkan

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera